Matsama Hari Ke-2, Siswa yang Literat itu Anak yang Berakhlakul Karimah

Bu Supiati, S.Ag. Saat memberikan materi Tata Krama dan Tata Tertib Siswa
Enik Rusmiati, S.Pd. Narasumber Gerakan Literasi Madrasah (Gelem)
Siswa menyanyikan Mars MTsN 2 Blitar dalam salah satu kegiatan MTsN 2 Blitar.
Jurnal literasi siswa, tugas materi literasi

Masa taaruf siswa MTsN 2 Blitar pada hari kedua, 14 Juli 2020 ini mengajak siswa baru untuk senang membaca yang di sajikan sajikan secara live zoom. Materi Gerakan Literasi Madrasah atau Gelem ini saya sendiri (Enik Rusmiati) yang menyampaikan. Melihat anak-anak antusias menyimak materi literasi ini membuat saya menjadi bersemangat memotivasi mereka menjadi siswa yang literat.

Salah satu tujuan Matsama adalah mengenalkan program-program madrasah kepada siswa. Maka pada sesi pengenalan gerakan literasi ini saya menyampaikan kegiatan literasi yang sudah dilaksanakan di MTsN 2 Blitar, antara lain:

  1. Kajian Kitab Kuning

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu. Bila hari biasanya setiap pukul 6.30 dilakukan kegiatan tadarus maka khusus hari Sabtu seluruh siswa dan guru mengikuti kajian kitab kuning yang dipandu oleh Ustadz dari pondok pesantren terdekat.

Isi kajian dalam kitab ini berkaitan dengan adab atau akhlak siswa kepada guru, orang tua dan tata cara menuntut ilmu bagi seorang muslim. Diharapkan dengan ilmu-ilmu yang disampaikan akan membentuk karakter yang Islami, karena ini merupakan ciri sekolah mdrasah.

2. Membaca 15 Menit

Hal terpenting dari literasi adalah membaca. Karena kita tahu bahwa budaya membaca di negara kita masih jauh dibanding dengan negara-negara berkembang lainnya. Kegiatan 15 menit membaca ini dilkasankan pada jam ke-4 menjelang istirahat yang dipandu oleh guru yang mengajar pada jam sebelumnya.

Buku yang dibaca oleh siswa ini dibedakan pada setiap jenjangnya. Siswa kelas tujuh buku yang dibaca bertema tentang lingkungan hidup dan kesehatan, kelas delapan tentang keagamaan sedangkan kelas sembilan pengembangan diri atau motivasi.

Setelah membaca, siswa diwajibkan menulis dibuku jurnal literasi siswa. Siswa wajib mencatat waktunya, sumbernya, isi dan memberi komentar yang santun dan logis. Selanjutnya jurnal ini wajib ditanda tangani oleh guru yang saat itu menunggu di kelasnya.

3. Taman Baca Kelas

Taman baca di kelas ini adalah perpustakaan mini yang ada di kelas siswa. Bahan Pustaka dipakai dari siswa, minimal satu siswa satu buku. Buku-buku inilah yang digunakan untuk kegiatan membaca 15 menit. Jadi buku-buku ini tidak dibawa pulang, kecuali kalau ada pergeseran siswa dikelasnya.

Buku-buku yang terdapat di taman baca kelas ini bisa digunakan bergantian. Jadi bila buku itu tamat dibaca, siswa tidak perlu membeli buku lagi. Namun bisa saling meminjam antar teman yang lain.

4. Perpustakaan Keliling

Program literasi perpustakaan keliling ini tim literasi bekerja sama dengan sobat Pustaka Perpustakaan MTsN 2 Blitar. Pada saat-saat tertentu, misalnya ketika ada kegiatan yang mengharuskan siswa berada di lura kelas, maka tim sobat Pustaka akan membawa buku-buku koleksi perpustakaan ini keliling menawarkan buku pada siswa lain atau pada tamu yang berkunjung ke madrasah.

5. Kelas Menulis Buku

Menulis merupakan tujuan kegiatan literasi. Program literasi akan dikatakan berhasil apabila sudah menghasilkan produk tulisan yang diterbikan dalam sebuah buku. Nah, untuk mewadahi siswa yang punya minat dan keterampilan menulis, MTsN 2 Blitar membentuk kelas menulis buku,

Kegiatan ini diikuti oleh siswa yang berminat saja. Proses pembelajaran di kelas menulis ini dilaksanakan secara tatap muka atau luring dan daring. Kegiatan tatap muka dilaksanakan setiap hari senin sampai kamis pukul 14.00 s.d 15.00, kemudian dilanjutkan dengan daring untuk mengirim tulisan-tulisan di whatsapp grup,  yang akan dikoreksi bersama-sama.

6. Nonton Bareng

Kegiatan ini sangat digemari oleh siswa, karena bisa mengobati kepenatan selama berjam-jam berjibaku dengan pelajaran di kelasnya. Nonton bareng ini dilaksanakan pada event kegiatan madrasah, seperti peringatan hari besar Islam, nasional atau milad.

Pada saat nonton ini seluruh siswa wajib mencatat poin-poin isi cerita yang nantinya harus dibuat synopsis di jurnal literasi. Untuk menarik siswa, synopsis yang telah dibuatnya akan dilombakan secara perjenjang. Juaranya tentu akan mendapat hadiah berupa buku bacaan yang sesuai dengan usia remaja.

7. Penyuluhan dari Dinas Terkait

Salah satu program kegiatan MTsN 2 Blitar adalah bekerja sama dengan dinas-dinas layanan masyarakat seperti Dinas Kesehatan, Lingkungan Hidup, Polres, Koramil. Diantara kegiatannya adalah memberikan penyuluhan kepada siswa. Pada saat mengikuti kegiatan ini seluruh siswa wajib menulisnya di jurnal literasi.

Diakhir materi literasi ini siswa diberi tugas membaca artikel yang ada di web MTsN 2 Blitar. harapanya siswa akan lebih kenal dengan media sosial resmi madrasah. Karena nantinya selama kegiatan belajar jarak jauh ini siswa akan belajar melalui E Learning yang ada di web madrasah.

Setelah materi literasi dilanjutkan dengan materi profil MTsN 2 Blitar. Pengenalan profil madrasah ini ditayangkan melalui youtube madrasah. Tayangan profil ini memberikan informasi kepada siswa baru tentang sarana prasarana serta rangkaian kegiatan rutin atau kegiatan insidental yang dilakukan MTsN 2 Blitar.

Materi berikutkan anak masih berada di chanel youtube yaitu menyimak penjelasana tata krama dan tata tertib siswa yang disampaikan oleh ibu Supiati, S.Ag. Tata krama siswa menurut guru akidak akhlak ini antara lain, pertama, tata krama berbicara. Dalam berbicara siswa harus selalu menyampaikan hal-hal yang baik dan bermanfaat serta senantiasa sopan dan santun.

Kedua, tata krama makan dan minum, yaitu berdoa, duduk, menggunakan tangan kanan. Ketiga, tata krama berpakaian, orang muslim harus berpakaian yang menutup aurat. Untuk siswa putri, tidak boleh berpakaian yang ketat dan sopan. Keempat, tata krama kepada orang yang tua, sayogyanya menghormati orang yang lebih tua dari kita itu seperti menghormati orangtua kita sendiri.

Selain tata krama siswa dijelaskan juga tata tertib siswa yang harus dilaksanakan oleh semua siswa. Peraturan ini antara lain, pertama, ketika masuk madrasah siswa harus melewati pintu gerbang depan, meskipun banyak pintu yang bisa dilewati. Kedua, selalu menjaga kebersihan kelas, rapi menata peralatan dan kreatif dalam mendesain aksesoris kelas.

Ketiga, menjaga dan memelihara sarana dan prasarana madrasah, seperti merawat tanaman, alat olah raga dan membersihkan fasilitas lain yang ada di madrasah. Keempat, tidak boleh keluar madrasah tanpa izi atau membolos. Kelima, menggunkana kamar mandi sesuai ketentuan, kamar putri ya untuk siswa putri, kamar mandi putra untuk siswa putra.

Keenam, tidak boleh bicara kotor, seperti mengumpat, menggunjing orang lain. Ketujuh, siswa wajib mengikuti seluruh kegiatan madrasah.  Kedelapan, mengikuti upacara bendera. Kesepuluh, tidak boleh membawa benda yang mengganggu kegiatan belajar mengajar. Kesebelas, diperbolehkan membawa lapotop dan hp, dengan catatan benda tersebut diletakkan pada tempat yang telah disediakan atau dititipkan kepada guru yang bertugas.

Materinya berikutnya yaitu tentang kerajinan dan kerapian. Siswa wajib mengikuti seluruh tugas-tugas yang disampaikan oleh guru. Siswa harus menjaga kerapian dalam berpakain dan rapi dalam mengerjakan tugas mata pelajaran maupun keorganisasian.

Demikian Matsama hari kedua ini, siswa yang literat adalah siswa yang bisa bertatakrama dengan baik dan menaati tata tertib madrasah.  semoga membawa hikmah, manfaat bagi kita semua, amin. Salam literasi!

14 Juli 2020

Enik Rusmiati (Kepala Perpustakaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *