Raih Juara II dan Tim Favorit, LKTI ASF 2022 (Akira Sains Fair) di MAN 1 Kota Kediri

Tim KIR MTsN 2 Blitar yang diwakili oleh Aini Tusamma Salsabila (9C), Daffa Naufal Kusnadi (9A), dan Cipta Ningsih (8B) berhasil membawa nama harum madrasah lagi di kompetisi LKTI. Tim yang dibina oleh Ibu Siti Nur Alifah, S.Pd. ini mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Eks Karesidenan Kediri dengan tema Inovasi Generasi Z dalam Mengoptimalisasikan Pengembangan IPTEK menuju Era Society 5.0 di Indonesia. LKTI ASF 2022 merupakan salah satu kompetisi penulisan karya tulis ilmiah yang tergabung dalam serangkaian acara Milad MAN 1 Kota Kediri ke-44 yang diselenggarakan oleh KIR An-Nur MAN 1 Kota Kediri.

 Peserta LKTI ASF 2022 adalah siswa-siswi SMP/MTs sederajat yang ada di Eks-Karesidenan Kediri, diantaranya dari Blitar, Tulungagung, Kediri, dan Nganjuk. Ada 2 sub tema yang bisa dipilih oleh tiap peserta, yaitu Saintek (Sains, Energi dan lingkungan, Kesehatan, Pertanian dan Pangan) dan Soshum (Ekonomi kreatif, Pendidikan, dan Sosial budaya).

Tim KIR MTsN 2 Blitar memilih sub tema Saintek (bidang kesehatan) dengan mengusung judul: “Uji Daya Hambat Hand Sanitizer Dajena Daun Jeruk (Citrus Nobilis) dan Miana(Coleus Atropurpureus) terhadap Pertumbuhan Bakteri Gram Positif (Bacillus Cereus) dan Gram Negatif (Escherichia Coli)”.

Karya tulis ini merupakan kelanjutan dari karya tulis yang telah disusun sebelumnya yang berjudul: “Pemanfaatan Limbah Daun Jeruk dan Miana (Dajena) Sebagai Hand Sanitizer Alami Nonalkohol”. Masih dibantu oleh laboran STIKES Karya Putra Bangsa Tulungagung, tim kami menguji daya hambat Dajena terhadap bakteri Bacillus Cereus dan Escherichia Coli. Hasil uji lab menunjukkan bahwa Dajena memiliki daya hambat kuat terhadap dua bakteri tersebut. Sehingga Dajena bisa digunakan sebagai alternatif hand sanitizer alami nonalkohol.

Tim KIR MTsN 2 Blitar bersama bapak dan ibu pembina

Tim KIR MTsN 2 Blitar berhasil melewati babak demi babak tahapan lomba dengan baik. Mulai dari babak seleksi abstrak hingga seleksi full paper. Dari 33 tim yang lolos seleksi abstrak, lanjut mengikuti seleksi full paper. Hanya 12 tim yang berhak melenggang ke babak presentasi. 12 tim tersebut terdiri dari 6 tim Saintek dan 6 tim Soshum.

Satu hal yang agak menantang dari tahapan lomba ini adalah tiap tim harus membuat poster sesuai dengan isi full paper, yang nantinya akan digunakan untuk menentukan juara tim favorit. Dengan waktu yang cukup mepet (3 hari), tim KIR MTsN 2 Blitar harus bekerja ekstra cermat guna menyelesaikan PPT untuk presentasi, poster, dan latihan untuk tampil di babak presentasi.

Babak presentasi sekaligus tanya jawab yang dilaksanakan tanggal 22 Maret 2022 di MAN 1 Kota Kediri berhasil dilewati dengan baik oleh tim KIR MTsN 2 Blitar. Allah masih mempercayakan pada kami mengukir prestasi sebagai runner up (Juara 2) dan Juara Favorite Team.

Terima kasih atas segala doa dan dukungan like Bapak/Ibu guru dan teman-teman semuanya hingga tim KIR MTsN 2 dapat meraih kesuksesan sampai hari ini. Semoga karya sederhana dari kami ini bisa memberi informasi ilmiah untuk masyarakat tentang manfaat daun Citrus nobilis dan Coleus atropurpureus untuk hand sanitizer alami yang murah dan mudah bahan baku dan pembuatannya. (Maharani Eko Dewanti, S.S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *