Pelantikan OSIS MTsN 2 Blitar Periode 2020/2021

Rinai hujan yang membasahi  MTsN 2 Blitar pagi ini tidak menyurutkan semangat anak-anak Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk melaksanakan kegiatan pelantikan OSIS periode 2020/2021. Setelah satu bulan yang lalu proses pemilihan ini dilangsungkan melalui media sosial youtube.

Karena proses pendidikan masih pembelajaran jarak jauh, sementara masa jabatan OSIS 2019/2020 sudah berakhir, maka pemilihan OSIS ini dilaksanakan dengan memanfaatkan media sosial. Proses pemilihan ini diawali dengan menjaring calon ketua dan wakil melalui gogle form dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan. Setelah tahapan penjarinagn calon, berikutnya perserta harus mengikuti tes tulis dan wawancara.

Tes tulism ini bertujuan menggali kempetensi siswa dalam bidang kepemimpinan dan wawasan kebangsaan. Sedangkan tes wawancara untuk mengetahui kemampuan siswa di bidang keagamaan, serta sikap siswa yang berhubungan dengan motivasi, inovasi dan bagaimana perilaku siswa sehari-hari, baik di madrasah maupun di lingkungan sekitar siswa.

Tes tulis dan wawancara ini untuk menentukan tiga calon OSIS, selanjutnya tiga pasang calon ini harus berorasi di akun youtube-nya masing-masing dan disebarkan ke seluruh siswa untuk dipilih siswa. Vote yang paling banyak berhak menyandang tugas mulia sebagi ketua dan wakil OSIS periode 2020/2021. Alhamdulillah, setelah melalui serangkaian tahapan pemilihan, maka ditetapkan ketua OSIS, Primasti Mustika Hapsari, kelas 8F dan Fina Faidatul Ulfiyah, 7C.

Hari ini, Senin, 14 Desember 2020, para pengurus OSIS ini dilantik untuk segera melaksanakan tugas-tugasnya. Karena kondisi hujan, yang sedianya kegiatan ini dilaksanakan di halaman madrasah beralih ke aula. Selain pengurus OSIS, turut dilantik juga pengurus Majelis Perwakilan Kelas (MPK). MPK ini bertugas membantu kegiatan OSIS dan memudahkan komunikasi dengan siswa di masing-masing kelas.

Selain pengurus OSIS dan MPK, kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru dan karyawan. Sedangkan pembina apel sekaligus yang melantik adalah Kepala MTsN 2 Blitar. Dalam pelantikannya, Bapak Drs. Sihabbudin mengajukan tiga pertanyaan kepada para pengurus OSIS ini, yaitu bersediakah menjadi pengurus OSIS/MPK, menjalankan kegiatannya, bersediakah secara suka rela dengan hati yang tulus mengucapkan janji OSIS/MPK.

Setelah janji OSIS dan MPK, dilanjutkan proses penyerahan bendera OSIS dari ketua lama kepada ketua terpilih, acara berikutnya sambutan ketua OSIS lama yaitu Malikatul Bilqis. Siswa yang sekarang kelas 9C ini menyampaikan dua pesan kepada pengurus OSIS yaitu jangan suka memasukkan kata-kata yang tidak baik di hati, karena ini akan merusak jati diri siswa. Dan jangan berjalan dengan jalan yang berbeda, apalagi mementingkan ego diri masing-masing, karena keegoisan ini akan merusak sebuah iklim keorganisasian.

Sebagai ketua OSIS baru, Fina juga menyampaikan keinginanya. Dalam sambutanya ia memohon dukungan kepada seluruh guru dan teman-temannya dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Selain itu ia juga berjanji akan melaksanakan kewajibanya sebagai ketua OSIS mulai hari ini dan seterusnya.

Dipenghujung acara pelantikan ini, bapak kepala MTsN 2  berpesan tiga hal penting, pertama jangan sombong ketika menjadi siswa pilihan sebagai pengurus organisasi madrasah. Kedua, harus amanah dalam menjalankan semua tugas-tugas. Dan ketiga, harus siap mengabdi dan menjaga nama baik madrasah, baik di lingkungan madarsah maupun di masyarakat.

Demikian liputan proses pemilihan dan pelantikan OSIS, semoga para siswa terpilih ini bisa mengemban tugas di pundaknya dengan penuh tanggung jawab. Selanjutnya akan mampu mengantarkan madrasah ini menuju madarsah hebat dan bermartabat.

MTsN 2 Blitar, 14 Desember 2020

Enik Rusmiati, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.